10 December 2011

Smart Fortwo 6 Roda ala Rinspeeds













Smart Fortwo diciptakan sebagai city car untuk dua orang dewasa (dimensinya PxLxT =2,6 meter x 1,5 meter x 1,8meter). Faktor keterbatasan ini kemudian menginspirasi rumah modifikasi Rinspeed asal Swiss membuatkan bodi tambahan pada Smart Fortwo versi listrik (Smart Fortwo Electric Drive).

"Dock+Go", nama konsep bodi tambahan itu. Tampilannya menyerupai potongan bodi belakang Smart Fortwo dengan dua roda. Uniknya, bagian ini bisa menyatu sama bodi asli atau seperti menarik bak gandengan yang bisa membawa peralatan golf atau selam dan kegiatan outdoor lainnya.

"Kalau empat bisa jadi enam (roda), kenapa tidak. Itu jika kita butuh ruang tambahan," ungkap Frank M Rinderknecht selaku pendiri Rinspeed,yang mengistilahkan konsep ini dengan "modular mobility system".

Dimensi dan detail dari konsep bodi tambahan itu sendiri masih disimpan karena baru akan ditampilkan dalam Geneva Motor Show 2012. Namun pihak Rinspeed menyebutkan adanya tenaga penggerak pendukung, mengingat beban mobil bertambah. Penyokong tenaga itu bisa berupa mesin bahan bakar cair, atau motor elektrik yang tenaganya bisa diisi ulang via panel surya di atap rumah, serta sanggup membuat mobil mungil ini melesat sampai 120 kpj.

Roda-roda di bodi tambahan itu nantinya akan menggerakkan roda-roda baris kedua dan sekaligus menggerakkan mobil. Di saat yang sama, energi kinetik dari pergerakan roda akan disimpan menjadi listrik untuk mengisi baterai utama di mobil.

Untuk menunjukkan keseriusan konsep ini, 17 penyuplai dan perusahaan jasa pun sudah diajak turut serta dalam merealisasikan "Dock+Go". Salah satunya Goodyear Dunlop Tires Germany.

Sumber : kompas.com

0 komentar:

Post a Comment