12 December 2011

Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses di mana makanan dan kalori diubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Beberapa gangguan terkait metabolisme seringkali dihubungkan dengan penurunan derajat kesehatan.

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah dan sederhana untuk mengatasi masalah gangguan metabolisme.  Berikut ini adalah beberapa cara sederhana mendongkrak metabolisme melalui asupan gizi dan nutrisi seperti dikutip MensHealth :

1. Diet makanan kaya zat besi
Asupan zat besi sangat penting khususnya untuk membawa oksigen dari otot untuk membakar lemak tubuh. Kerang, daging tanpa lemak, kacang, sereal, dan bayam merupakan sumber terbaik dari zat besi. Tetapi perlu diingat, mengonsumsi suplemen zat besi bukanlah ide yang terbaik, apalagi jika sampai berlebihan. Terlalu banyak asupan zat besi telah dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena penyakit jantung pada pria.

2. Vitamin D
Para peneliti memperkirakan masih banyak orang yang belum cukup memenuhi asupan vitamin D melalui diet atau pola makan mereka. Padahal, vitamin D sangat penting untuk melestarikan metabolisme jaringan otot. Anda bisa mencukupi kebutuhan jumlah vitamin D lewat makanan terutama ikan salmon, ikan tuna, susu fortifikasi, sereal, dan telur.

3. Minum Susu
Ada beberapa bukti yang memperlihatkan bahwa kekurangan kalsium dapat memperlambat proses metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi kalsium dalam bentuk makanan susu bebas lemak dan yogurt rendah lemak dapat mengurangi penyerapan lemak dari makanan lain.

4. Semangka
Sebuah riset terbaru dalam Journal of Nutrition mengklaim, kadungan asam amino arginin yang berlimpah pada buah semangka, dapat mempromosikan penurunan berat badan. Temuan tersebut berdasarkan hasil percobaan pada tikus yang mengalami obesitas dan diberikan arginin selama lebih dari 3 bulan. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa penurunan lemak tubuh meningkat sebesar 64 persen.

5. Tetap terhidrasi
Semua reaksi kimia yang terjadi pada tubuh, termasuk metabolisme tergantung pada air. Jika Anda mengalami dehidrasi, proses pembakaran kalori mungkin 2 persen lebih sedikit, demikian menurut peneliti dari University of Utah - yang memantau tingkat metabolisme dari 10 orang dewasa terkait konsumsi jumlah air per hari.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan bahwa mereka yang minum delapan atau dua belas gelas air sehari memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi ketimbang mereka yang minum kurang dari jumlah tersebut.

Sumber : kompas.com/

0 komentar:

Post a Comment